RSS
Facebook
Twitter

Sabtu, 16 Maret 2013

AYO KE KAMPUNG INGGRIS GUYS!

Akhir - akhir ini nama Kampung Inggris menjadi sorotan dan tujuan wisata pendidikan bagi mereka (pelajar tingkat SD bahkan sampai dosen) yang tertarik untuk merasakan atmosfer langsung belajar di kampung Inggris. Lalu apa istimewanya kampung Inggris? Mengapa orang sampai rela jauh - jauh menimba ilmu di Kampung inggris?

Kampung Inggris merupakan sebuah desa yang terletak di Pare, Kediri-Jawa Timur. Julukan Kampung Inggris dikarenakan adanya ratusan pilihan tempat kursus Bahasa Inggris di sana. Sebenarnya ada juga beberapa kursus bahasa lain seperti Korea, Mandarin, Arab tetapi sangat sedikit. Kursus Bahasa Inggris mendominasi daerah ini. Di sepanjang jalan kita akan disuguhkan berbagai pilihan tempat kursus di sana. 

Uniknya kampung Inggris, rata-rata penduduk di sana sudah fasih berbahasa Inggris sehingga kita akan jarang mendengar orang berkomunikasi bahasa Indonesia. Hal ini juga akan mempermudah untuk memperlancar bahasa Inggris karena telah tercipta habit untuk membiasakan diri berbahasa Inggris. Bahkan ada beberapa warung di Kampung Inggris yang tidak melayani pembeli yang tidak menggunakan bahasa Inggris. Selain belajar bahasa Inggris di sana, kita juga bisa mendapatkan banyak teman baru dari berbagai daerah. Hal ini dikarenakan orang yang belajar di kampung Inggris berasal dari seluruh wilayah di Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke. 

SEJARAH KAMPUNG INGGRIS
Kampung inggris ini terbentuk oleh usaha dan perjuangan keras Kalen Osen seorang pria berkelahiran 4 Pebruari 1945 yang berasal dari Kutai Kartanegara. Pak Kalen ini semula merupakan seorang santri di Pondok Modern Gontor Ponorogo Jawa Timur. Beliau menimba ilmu di Gontor hanya sampai kelas lima, dikarenakan tidak mampu membiayai pendidikan di gontor. Bahkan untuk biaya pulang ke Kutai pun tidak ada karena tiadanya biaya.
Tetapi tekat beliau untuk mencari ilmu khususnya dalam berbahasa asing, beliau tetap berusaha agar bisa menuntut ilmu dengan biaya semampunya. Akhirnya seorang teman beliau memberitahukan bahwa ada seorang ulama pemilik Pondok Pesantren Darul Falah di daerah Pare Kediri yaitu KH Ahmad Yazid mampu menguasai delapan bahasa asing. Di dalam kondisi sulit ini, beliau berniat berguru kepada KH Ahmad Yazid dengan harapan bisa menguasai beberapa bahasa asing.
Ditengah perjalanannya dalam menuntut ilmu, ada dua orang mahasiswa dari IAIN Sunan Ampel Surabaya yang dating ke pondok pesantren tersebut dengan niat belajar untuk menghadapi ujian Negara di kampusnya. Dan pada saat itu KH Ahmad Yazid sedang tidak berada di pondok pesantren dan akhirnya tamu tersebut ditemui oleh ibu Nyai. Dan kebetulan Nyai Ahmad Yazid mengarahkan kedua tamu tersebut untuk belajar kepada kalen yang juga sedang menuntut ilmu di ponpes tersebut. Karena sikap tawadlu kepada guru, beliau menyanggupi untuk memberikan pelajaran privat kepada dua mahasiswa tersebut selama 5 hari kepada kedua mahasiswa tersebut berguru kepada kalen. Setelah itu si mahasiswa tersebut pulang untuk menempuh ujian Negara.
Tak disangka-sangka sebulan kemudian, kedua mahasiswa tersebut kembali ke Pondok Pesantren dan mengabarkan bahwa mereka telah lulus ujian Negara.Tentu saja, hal ini membuat Pak Kalen sangat berbahagia. Akhirnya karena keberhasilan kedua mahasiswa tersebut, beritapun tersebar bahwa pak kalen mampu memberikan pelajaran singkat untuk persiapan ujian bagi para mahasiswa. Dan akhirnya berkat promosi tersebut, terbentuklah kelas pertama bahasa inggris. Dan sejak tahun 15 Juni 1977 pak kalend mendirikan lembaga kursus bahasa Inggris yang berorientasi selain kemampuan berbahasa inggris, para muridnya juga mempunyai ilmu agama dan akhlak yang baik.
Akhirnya sekitar tahun 1990-an, bermunculan berbagai lembaga kursus dan mayoritas pemilik kursusan tersebut adalah murid dari pak kalen di daerah kampung inggris hingga mencapai ratusan lembaga kursus pada saat ini. Berkat perjuangan dari pak kalen inilah, kampung inggris sangatlah terkenal di kalangan pelajar dalam mengoptimalkan kemampuan dalam berbahasa inggris.

0 komentar:

Posting Komentar

  • Blogger news

  • Blogroll

  • About